INTERNET

Kamis, 19 Mei 2011

     Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protocol yang sama untuk berbagi secara bersama informasi. Jadi internet  merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau WAN. Jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protokol IP ( Internet Protocol ) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol), sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan  komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi.




SEJARAH INTERNET
        Sejarah internet bermula dari Pemerintah federal AS yang menciptakan Net (jaringan) sebagai jaringan komunikasi yang dapat menahan berbagai serangan dari Rusia. Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada bulan Juli 1968 mengontrak Bolt Beranek and Newman, sebuah perusahaan desain komputer di Cambridge Massachusette untuk membangun ARPANET Jaringan yang akan menghubungkan komputer-komputer di Institut Penelitian Stanford UCLA, UC Santa Barbara dan University of Utah yang kemudian mulai dilaksanakan pada tahun 1969 dengan menghubungkan empat host komputer dengan besar bandwidth-nya 50 kbps (kilo bit per second) . Jaringan ini meluas seiring dengan perkembangan teknologi protokol dan switching.  
     Kemudian pada  tahun 1984 diperkenalkan DNS (Domain Name System) sebagai cara untuk mengidentifikasi badan atau institusi yang mengelola host. Saat itu enam domain utama dikeluarkan, yaitu edu (edication), gov(government), mil (military), com (commercial), org (organization), dan net (network resources). Dan pada tahun 1986, National Science Foundation menciptakan NFSnet yang menghubungkan jaringan-jaringan regional melalui backbone nasional berkecepatan tinggi yaitu 56 kbps.
     pada tahun 1993 NSF mendirikan InterNIC yang bertugas menyediakan layanan internet seperti pendaftaran domain (yang dikelola oleh Network Solutions Inc.), direktori, dan servis database (dikelola oleh AT&T).
     Pada tahun 1994 pula, sebuah situs komersial yang menyediakan search engine diluncurkan dan diberinama Yahoo! ( Yet Another Hierarchical Officious Oracle).
       Sampai saat ini sudah ratusan juta orang diseluruh dunia memanfaatkan internet. Bahkan tidak mustahil hingga tahun 2010 lebih dari satu milyar orang didunia bisa menikmati teknologi internet yang saat ini telah menyediakan hampir seluruh kebutuhan informasi bagi manusia yang menggunakannya.

INSTALASI INTERNET 
Instalasi internet merupakan perlakukan atau tindakan bagaimana supaya
komputer yang kita gunakan bisa terhubung dengan internet.
Untuk menghubungkan ke internet, kita bisa menggunakan berbagai
saluran seperti VSAT (satelit), radio paket,DirectPC, dial-up dan 
leased-line.

 Layanan Internet 
- Fasilitas-fasilitas internet memiliki beberapa tujuan, yaitu :
- Sebagai Media Melakukan Transfer File
- Sebagai sarana mengirim Surat (E-mail)
- Sebagai Pusat Pembelajaran dan Pendidikan
- Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran
- Melakukan Mailing List, Newsgroup  dan konferensi
- Search Engine
- Untuk mengirim SMS ke telepon sellular
- Sarana Entertainment dan Games,dll

 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Foto Saya
My Diery
Ku ingin menulis mungkin dengan menulis,aku bisa bebas berpikir, lebih leluasa berbicara, keindahan berbahasa dan bercerita tentang banyak fenomena, data dan peristiwa dalam bentuk cerita dan pikiranku untuk terus belajar dan berbagi.
Lihat profil lengkapku

Twitter Live

Followers