Install Windows dan License Untuk Ribuan PC

Selasa, 13 Desember 2011

Assalamualaikum wr wb.
Salam Blogger..
Windows XP Product Key Sebuah pertanyaan muncul ketika diskusi dalam mata kuliah Sistem Operasi. Ada pertanyaan dari Dosen yang di diskusikan oleh setiap kelompok dan setiap kelompok memberikan tanggapan serta solusi terbaik atas pertanyaan itu. Dengan pertanyaan “Jika kalian sebagai Staf IT dari disebuah perusahaan besar, terdapat 5000 PC yang harus di Install Sistem Operasinya dan lengkap dengan berbagai aplikasi pekantoran yang dibutukan oleh perusahaan itu, bagaimana cara kalian menginstal OS  ke 5000 PC tersebut dengan efesien waktu maupun biayanya? dan bagaimana dengan lisensinya? sedangkan dalam DVD Windows hanya bia digunakan maksimal untuk 5 PC saja.

Setiap kelompok memeberikan tanggapan dan solusi terbaiknya. Kelompok pertama menyampaikan tanggapannya, “Cara menginstall OS Windows untuk 5000 PC adalah dengan menggunakan Norton Ghost, yaitu cukup dengan menginstall 1 PC saja, kemudian setelah seluruh komponen terinstall beserta drivernya tanpa mengaktivasi Windowsnya terlebih dahulu. Kemudian seluruh komponen dijadikan satu berupa file Image dengan Norton Ghost. Setelah semua komponen jadi satu paket file Image, maka selanjutnya melakukan instalasi ke 5000 PC tersebut. Dengan 1000 DVD Windows dengan 5 lisensi dalam setiap DVD nya. 

Jawaban yang cukup memungkinkan untuk dilakukan "menurut kelompok kami tetapi tidak efesien waktu dan biaya untuk membeli DVD yang terlalu banyak dan melakukan install windows satu persatu”
Kelompok kami menanggapi dan memberikan sedikit penjelasan bagaimana cara yang efesien untuk menginstall ribuan PC tersebut, tidak jauh beda dengan aplikasi  yang digunakan oleh kelompok pertama yaitu Norton Ghost, namun sedikit berbeda caranya saja. Menurut kami “Untuk menginstal OS Windows ke 5000 PC agar lebih efesien waktu dan biaya, dengan cara menginstal Windows ke 1 PC server, setelah 1 PC Server terinstal beserta drivernya, dan menjadikannya sebuah file Image, kita cukup melakukan sharing file melalui jaringan lokal yang ada di perusahaan tersebut, maka tidak terlalu rumit dan tidak terlalu memakan waktu yang lama. Dan mengenai lisensinya, jika sebuah perusahaan besar kita dapat membeli kepada pihak Microsoft yang menyediakan Product Key untuk sebuah perusahaan besar yang memiliki ribuan PC yang biasa disebut “FPP (Full Packaged Product)”

Lisensi ini biasa digunakan oleh perorangan maupun perusahaan besar. FPP ini dikemas dalam bentuk box dimana didalamnya terdapat product key, Product Key tergantung pada permintaan perusahaan itu sendiri. Dan jika terjadi kerusakan pada PC tersebut maka Produck Microsoft dapat di insatall kembali  tanpa harus membeli licensi lagi. Beberapa Product FPP memberikan hak kepada perusahaan tersebut untuk tidak perlu lagi membeli Product Key”. Itulah tanggapan dan solusi yang kami sampaikan.

Kami juga belum mengetahui cara dan solusi  yang terbaik untuk hal ini, hanya ingin sekedar berbagi kepada sobat-sobat semuanya. Mungkin pendapat dan solusi sobat-sobat berbeda dan mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk hal ini, berikan komentar dan pendapat sobat-sobat di Blog ini.
Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Foto Saya
My Diery
Ku ingin menulis mungkin dengan menulis,aku bisa bebas berpikir, lebih leluasa berbicara, keindahan berbahasa dan bercerita tentang banyak fenomena, data dan peristiwa dalam bentuk cerita dan pikiranku untuk terus belajar dan berbagi.
Lihat profil lengkapku

Twitter Live

Followers