ONOFF CHAT 2011 PONTIANAK

Selasa, 27 September 2011



ON|OFF CHAT PONTIANAK 2011


Serangkaian kegiatan Seminar dan Workshop ON|OFF CHAT 2011 PONTIANAK yang saya ikuti pada hari Sabtu, tanggal 24 September 2011.

Seminar dan Workshop diadakan di JL. Jend. Letkol Sugiono, tepatnya di Komplek Taman Gitananda Rumah Mimpi Pontianak. Acara berlangsung lancar, dengan di isi dua sesi, untuk sesi yang pertama Seminar pada pukul 9.30-11.30 dan sesi kedua pada pukul 12 adalah sesi Workshop.


ONOFF CHAT PONTIANAK - Aulia Halimatussadiah


Seminar dan Workshop bertemakan “ Membangun Star Up Melalui Media Sosial”. Dengan pembicara Aulia Halimatussadiah (@salsabeela) yaitu Chairwoman ON|OFF CHAT 2011 yang biasa disapa Mbak Ollie, beliau juga seorang penulis buku dan penjual toko buku online “kutu buku(dot) com”. Mbak Ollie juga banyak berbagi bagaimana membangun sebuah StarUp melalui media sosial seperti sebuah toko buku online yang ia miliki sekarang.

ONOFF  CHAT PONTIANAK - Djunita - Colleger Radio


Kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua adalah Djunita Permata Indah seorang Co-Founder E-Campus Radio yang sekaligus juga sebagai penyiar atau Vj di Radio tersebut. E-Campus Radio ini merupakan contoh Startup Lokal Pontianak. Djunita banyak bercerita dan berbagi tentang bagaimana memulai sebuah Radio Online dan sebagai salah satu Star Up lokal Pontianak.

 
ONOFF ID CHAT PONTIANAK - Emi Dewi
 
Setelah sang Vj selesai, kemudia dilanjutkan  dengan Mbak Emi Dewi (@esdewi) dari eevent yang memberikan motivasi dan tips-tips untuk membangun sebuah StartUp melaui Media Sosial. 

Sesi pertama rampung, saatnya istirahat, makan dan shalat (ISOLMA). Setelah selesai ISOLMA acara dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu Workshop.  
 
Didalam acara Workshop ini yang dipandu oleh Mbak Dita (@afdita), dengan juri Mbak Ollie dan Mbak Emi Dewi, peserta harus membuat kelompok diskusi sesuai dengan nomor acak yang dibagikan oleh pantia untuk membentuk  sebuah kelompok diskusi, pembagian nomor acak bertujuan agar masing-masing kelompoknya saling mengenal antara satu sama lain dalam satu kelompok tersebut. 

ONOFF  CHAT PONTIANAK - Workshop-Kelompok Diskusi


Materi yang diberikan untuk di diskusikan yaitu Star Up seperti apa yang akan Anda bangun, waktu yang diberikan juri adalah 45 menit, waktu segitu menurut saya sangat singkat untuk menentukan sebuah ide yang kreatif untuk sebuah Star Up dan juga tiap kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang. Sulit untuk menyatukan ide dari teman-teman, karena tiap orang pasti punya ide-ide menarik dan kreatif. Dan hasil diskusi dipersentasikan kedepan dengan perwakilan satu orang dari tiap kelompok.


ONOFF CHAT PONTIANAK - Persentasi Hasil Diskusi

Time  Out... Waktunya 45 menit  yang diberikan telah habis. Saatnya untuk mempersentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok. Setelah kandidat dari masing-masing kelompok mempersentasikan hasil diskusinya.
Kemudian para juri memberikan komentar dan mengumumkan pemenang  untuk ide-ide dari tiap kelompok. 
Teeeerrrreeeeeennggg… siapakah pemenangnya? ternyata kelompok dengan Topik “Wisata Primitif” keluar sebagai pemenang dan berhak menerima hadiah tropi dari ON|OFF CHAT 2011.
ONOFF CHAT PONTIANAK - Penyerahan Tropi Kepada Pemenang Diskusi
 
“Selamat Kepada kelompok  pemenang diskusi”

Setelah pembagian tropi kepada kelompok yang terpilih sebagai Topik  terbaik untuk sebuah Star Up, acara Seminar dan Workshop ditutup. Sebelum para peserta Seminar dan Workshop meninggalkan ruangan, Mbak Dita mengumumkan kepada para peserta bahwa pada pukul 17.00 WIB akan ada kuis di Twitter dan bagi pemenang kuis akan diberikan hadiah satu buah NetBook Acer.
Ayoooo semangat para twitter twitter..!!

Acara belum berakhir sampai  disitu. Tepatnya pada pukul 19.00 acara Kopi Darat (KOPDAR) Komunitas dilanjutkan. KOPDAR Komunitas bertemakan “ Kode Etik Bersosial Media” dengan pembicara Mas Dwi Wahyudi (@bloggerborneo) dari Komunitas BELETER. "Dengan Kode Etik Bersosial Media kita jadi dapat mengetahui batasan-batasan serta bagaimana memanfaatkan sebuah Media Sosial dengan aturan-aturan yang ada tanpa melanggar kode etik tersebut".
ONOFF CHAT PONTIANAK -KOPDAR Komunitas


Pemberian materi dari Mas Dwi Wahyudi selesai, dan Kini tiba saatnya… pengumuman pemenang kuis di Twitter dengan pertanyaan “Apa kendala dalam mempromosikan StarUp melaui Media Sosial?”, sebelum mengumumkan siapa pemenangnya Mbak Dita membacakan tiga Nominasi pemenang kuis, antara lain ; @NATALIUZONE (Natalius Abidin) , @zackvidvan (Zakarias Idris) kebetulan saya sendiri masuk nominasi, dan yang terakhir adalah @djoenita (Djuanita Permata Indah). 
Dan pemenangnya adalah "@djoenita (Djuanita Permata Indah) dan mendapatkan hadiah satu buah NetBook Acer pemsembahan dari Acer Indonesia. 

“Selamat kepada Djuanita Permata Indah” NetBook Acer diberikan kepada pemenang. Acara KOPDAR selesai dan ditutup dengan sesi foto bareng.

 photographer by: Tri Doang | www.fotoborneo.com

Seminar dan Workshop ON|OFF CHAT PONTIANAK 2011  diselenggrakan atas dukungan ON|OFF ID Ideas Meet Opportunities,MAVERICK, US Embassy Jakarta, dan Komunitas BELETER.

 
Note : "Semoga acara ini dapat memotivasi kita semua untuk lebih kreatif  dalam membangun StarUp melaui Media Sosial dan mari wujudkan ide – ide Star Up yang ingin kita bangun bersama"

3 komentar:

Natalius 27 September 2011 pukul 03.39   Reply Comment

Selamat, anda tidak menang di sesi wokshop maupun Kuis, hehehe

artiirhamna 27 September 2011 pukul 06.30   Reply Comment

Hahaha...
menang tak menang tak jadi masalah, yang penting senang2 jak...

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Foto Saya
My Diery
Ku ingin menulis mungkin dengan menulis,aku bisa bebas berpikir, lebih leluasa berbicara, keindahan berbahasa dan bercerita tentang banyak fenomena, data dan peristiwa dalam bentuk cerita dan pikiranku untuk terus belajar dan berbagi.
Lihat profil lengkapku

Twitter Live

Followers